SMK Negeri 1 Sintang siap membangun generasi muda yang ber-IPTEK dan ber-IMTAQ dan siap tampil di dunia kerja--- By Team TKJ

Kamis, 04 November 2010

TIPS BAGI YANG INGIN KULIAH SETELAH LULUS SMK

  1. Pilih program studi atau jurusan yang masih banyak dibutuhkan di dunia kerja sampai lima tahun ke depan. Tolok ukur kebutuhan dunia kerja bisa disimak dari rekruitmen CPNS bila yang ingin menjadi PNS atau lihat di koran untuk kebutuhan tenaga kerja di sektor swasta.
  2. Coba untuk mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik jalur PMDK atau SPMB. Apabila diterima, daftar ulang dan ikuti kuliah dengan baik. Lulusan PTN lebih diprioritaskan daripada PTS dari segi pengalaman penyelenggaraan pendidikan dan nama besar PTN saat penentuan diterima tidaknya dia bekerja.
  3. Apabila tidak diterima di PTN dan ingin kuliah di luar kota sesuai jurusan yang diminati di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), konsultasikan secara baik dengan orang tua sebagai penyandang dana apakah sanggup membiayai sampai lulus kuliah. Ingat di luar kota ada tambahan biaya kost dan biaya makan disamping biaya utama yaitu biaya kuliah.
  4. Apabila jurusan yang diminati ada di PTS di lokasi tempat tinggal kita (dalam kota), daftar aja ke situ. Ingat PTS dengan jurusan yang sama yang berlokasi di luar kota belum menjamin kesuksesan mahasiswanya setelah lulus kuliah. Belum tentu mahasiswa itu jago di bidangnya. Tergantung dari kemauan dan tekad dari mahasiswa itu untuk giat belajar dan tekun berdoa.
  5. Kuliah di dalam kota lebih hemat biaya dan lebih banyak keuntungannya. Apabila tinggal dengan orang tua hanya biaya kuliah yang harus dikeluarkan. Dekat dengan orang tua bisa menjadi pengontrol tindakan yang dilakukan, menjadikan kita tidak salah arah.
  6. Mutu atau kualitas yang baik dari suatu Perguruan Tinggi (Negeri atau Swasta) belum menjamin mutu atau kualitas mahasiswa menjadi baik dan unggul. Faktor dari sisi mahasiswanyalah yang menentukan mutu atau kualitasnya bisa menjadi baik dan unggul. Banyak dijumpai lulusan Perguruan Tinggi di luar kota diuji dengan lulusan Perguruan Tinggi di dalam kota dengan jurusan yang sama, kadang lebih unggul lulusan dalam kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar